July 3, 2018

Bukan Pejuang PTN

Gue sore tadi iseng cari inspirasi di kolong meja belajar, kek cari bangke tikus dah pokoknya, jongkok-palak nunduk-masuk kolong. *netizen maapkan kelakuan bocah ini

Lalu apa yang gue lakukan?

Ya gue bener-bener cari inspirasi, gue mengamati buku-buku gue yang terjejer rapih di bawah meja. Beberapa ada novel tebel, ada majalah-majalah, ada buku toefl, ada buku belajar memahami anak dengan penuh cinta *waduc, kemudian ini sih yang paling gue cari, buku-buku diary semasa SMA, buku yang isinya curhatan galau ala-ala ABG gitu haha. LOL gue bacanya sekarang, gue sampe malu sendiri mau buka buku diary gue wkwk

Tapi pada akhirnya, gue buka juga.
Gue menemukan tulisan seperti ini

'Hujan
Kamu suka hujan kan?
Suatu saat, kita akan menikmatinya di satu bingkai jendela yang sama

Hujan, aku rindu dia'

Wagelaseeeeh gue sambil ngakak nulisnya WKWKWKWK
bagi gue ini lucu sih, flashback masa-masa lalu, baca tulisan-tulisan alay jaman dulu. Masa dimana kita ga akan bisa mengulanginya, tertinggal dibelakang namun bisa dijadikan pelajaran. masa lalu.

tapi ada satu quote yang gue bikin sendiri, masih tentang cinta
"Cinta dan waktu
memiliki kekuatan
untuk bertemu" -Daffa Najati, 2017

***
Tapi di postingan kali ini gue gak bahas cinta yang ada di diary gue dulu, karena sekarang gue paham bahwa cinta sudah ada ruang tersendiri disini, di hati. Ea.

Ya, seperti yang kita tau, sore tadi pengumuman SBMPTN, yang mana banyak para following dan teman-teman gue nge story di IG ataupun di WA tentang keberhasilan adek-adek tingkat mereka, tapi ga cuma tentang keberhasilan, kata-kata motivasi juga banyak yang mereka posting buat mereka-mereka yang masih harus berjuang lebih keras lagi kedepannya.
Gakpapa.
Gue yakin, masih banyak jalan-jalan lain yang Allah hadiahkan nanti. Tinggal kitanya, mau usaha lagi atau enggak? ya kan?

Gue dulu bukan pejuang PTN, gue langsung cuss daftar PTS, itupun ga langsung ketrima wkwkwk
gue sempet down juga sih ga lolos lewat jalur tulis awalnya. Tapi gue coba lagi buat atur niat, atur strategi, gue coba lewat jalur lain, gue pasang target bahwa GUE PASTI LOLOS MASUK PAKE JALUR QUR'AN.

Dan ternyata Allah mengabulkan.

Gue sempet deg-degan juga kalo seandainya gue gagal lagi gimana, kalo gue gabisa ngelanjutin ayat pas di tes hafalan gimana, kalau gue ga yakin pas di wawancara gimana. Semua kekhawatiran muncul jauh-jauh hari sebelum tes seleksi.

Gue cuma nulis di buku diary (sama dengan diary tadi)

'Aku ga mungkin bisa lolos 
kalo ga usaha
Makanya, aku mau usaha. Biar bisa lolos'

Simple, tapi dengan itu gue jadi termotivasi. Jadi ada semangat gitu buat berjuang, buat usaha, usaha siang malem ngelancarin hafalan, disaat temen-temen masih tertidur, gue udah bangun duluan, pokoknya gue melakukan usaha semaksimal yang gue bisa. Gue juga menanamkan keyakinan dan pikiran positif ke diri gue. Karena "Allah itu sesuai dengan prasangka hambaNya"
kalo gue ga yakin dan prasangka gue buruk, ya Allah bakal kasih kayak gitu. Hasil yang buruk.
Begitu pula sebaliknya. kalo gue yakin dan prasangka gue baik. Hasilnya bakal baik. Semua tergantung diri kita.

Dan pas tes seleksi, gue merinding. Saingan gue banyak banget asli. Ada hampir 60an anak. Apalagi paling merinding pas menghadap penguji hafalan, ada 3 penguji. Dan gue duduk dihadapan mereka sendiri, kayak lagi di sidang di pengadilan wkwk. Jujur gue takut. Ngeri cuy.
Gue berusaha tenang dan ga panik pas suruh ngelanjutin ayat. Karena kalo panik, ayat yang mau gue lanjutin bakal ambyar semua, ilang deh kalo panik. Jadi ga fokus gitu.

Alhamdulillah gue keluar dengan hati yang masih deg degan wkwk

Tes wawancara juga bagi gue sulit. Tapi alhamdulillah juga bisa teratasi
Dan akhirnya gue bisa lolos masuk PTS ini.

itu halaman fakultas gue hehe

Intinya, kalo kita lagi ada mau. lagi ada keinginan. Harus bener-bener kuat dan yakin kalo kita bakal mencapai impian itu. Imbangi juga dengan ibadah-ibadah sunnah, gada ruginya ngelakuin itu semua. Malah baik buat diri kita.

Yang paling penting setelah usaha sih ini, DOA. Kekuatan doa emang dahsyat sih, gue udah membuktikan berkali-kali.

Sudah jelas di qur'an, bahasa qur'an emang bahasa terindah deh bagi gue. Ga ada yang bisa menandingi. Indah banget. "..Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Aku perkenankan bagimu...."-QS Gafir ayat 60

Itu janji Allah.
Dan kita harus mempercayainya.

Kalo kata Mas Huda, FK UNS '15
"Karena, apa yang jadi dongeng manusia, bisa terwujud di tangan mereka yang percaya janjiNya"


YK, 3 Juli 2018

Oiya, gue bakal kasih cerita hebat di postingan setelah ini.

Yang belom baca, bisa di klik disini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·