May 28, 2018

Gue Kesasar

Setelah belajar dan bersenang-senang berkunjung ke BPPTKG Yogyakarta bareng salah satu temen gue, Clariza namanya (dan gue memanggilnya 'IJAH') gue akhirnya pulang, boncengan bareng Ijah. Sebenernya, badan gue capek banget, tidur gue berantakan juga, dan pokoknya gue pengen istirahat abis dari BPPTKG. Tapi setelah sampe kosan. rasanya, gue harus menuliskan apa yang baru aja gue alamin.

Wait
gue cuma mau pamer, ini foto di BPPTKG tadi bareng 2 orang luar byazah, gasengaja ketemu disini btw
***
Jalanan jogja gak seramai biasanya, bagi gue ini sepi, karena gue yakin orang-orang lagi pada tarawih. Biasanya macet, ini kagak. Maka, Ijah mengendarai motor dengan santai dan gue bisa menikmati kota jogja di malam hari tanpa kemacetan. 

Sampai belokan menuju rumah Ijah di daerah bernama Kalasan, jalanan tambah sepi. Ditambah enggak ada penerangan sama sekali di sepanjang jalan, jadi kami cuma mengandalkan lampu motor sebagai penerang. Dari BPPTKG sampai rumah Ijah memakan waktu kurang lebih duapuluh menit. 

Gue memutuskan buat langsung pulang ke kosan tanpa masuk rumah Ijah dulu, gue cuma titip salam buat mamanya si Ijah, gue mau cepet-cepet pulang karena masih ada tugas yang harus dikerjakan yaitu, tidur.  haha ga lah.
Sebelumnya Ijah udah nawarin buat nganter gue sampai kosan, karena jaraknya jauh dan belok-belok, takutnya gue nyasar, tapi gue menolak, gue takut ngerepotin aja, gue eman-eman sama bensinnya Ijah kalo cepet abis gegara buntutin gue dari belakang pake motor.  

Gue cuma mengandalkan keyakinan dan peta kecil yang diberikan Ijah tadi, gue yakin karena gue masih inget jalan pas berangkat. Disitu gue berfikir kalo pake google maps pasti diputer-puter, karena jalannya banyak belok dan kecil. Maka, dengan yakin gue mengatakan "Gausah jah, insyaallah masih inget kok, tapi gatau deng nanti kalo kesasar, paling buka gugel maps, udah biasa kesasar sih, biarin lah wkwk" kata gue sans.
"Oh yaudah deeh, ati-ati ya"

Lalu, gue keluar dari perumahan dan mengendarai motor dengan santai. Gue inget tadi gue lewat pohon serem ini, pohon beringin. Oke, gue ikutin jalan sesuai apa yang gue inget dalam otak, pokoknya gue yakin aja. Tapi dijalan ada sekelebat keraguan yang hadir di pikiran gue perasaan tadi pas berangkat gak kaya begini deh jalannya tapi bodohnya, gue ga segera buka gugel maps buat memastikan ini daerah apa namanya dan tetap melanjutkan perjalanan, membuang semua keraguan.

Dan walhasil
gue membuktikan bahwa perkataan adalah doa, dan doa itu pasti dikabulkan. YA, GUE KESASAR BENERAN!

GUE KESASAR, MALEM-MALEM, SUNYI SEPI SENDIRI (kaya hatiQ)

Gue segera berhenti dan langsung cek google maps
Anjirrr ini daerah apaan
Astaghfirullah gue dimana? Ini kenapa jebolnya mau ke Jalan Solo-Jogja astagaa. JAUH BANGET

Langsung gue puter balik, gue mencari kebenaran lewat google maps, gue udah kehilangan ancer-ancer jalan yang tadi gue inget dan peta yang dikasih Ijah itu bagi gue udah ga berfungsi, karena gue ga ngerti ini jalan apaan.

Gue naro hape di dashboard motor, gue nyalain google maps. Selama perjalanan gue deg-degan, gue selalu cek dashboard motor buat liat maps dan jaga-jaga siapa tau ada orang yang mau jambret tu hape dari samping, gue berdoa buat menenangkan diri, mana perjalanan masih lama banget buat sampai kosan, ini nyasarnya kebangetan. 

Setelah gue mengikuti apa kata google maps, gue ngelewatin pohon beringin yang tadi. Gue heran, kok bisa sih gue ketemu pohon beringin ini lagi? 

Gue udah berfikir yang enggak-enggak. tapi gue tetap melanjutkan perjalanan. 

Kan, apa yang gue katakan itu beneran kejadian, gue diputer-puter ama google maps, gue dikasih jalanan yang super sepi, kanan-kiri sawah dan pohon-pohon tinggi, sama sekali enggak ada penerangan di sepanjang jalan, ada rumah tapi sepi penghuni, itupun cuma satu-dua rumah, ga ada orang satupun di sepanjang jalan itu. Jujur, ini momen ter-mengerikan selama gue pernah kesasar.

Gue mempercepat laju motor, ngebut semampu gue, ngebut-sengebut-ngebutnya, di jalanan itu cuma ada gue seorang, gue tengok kaca spion dari belakang enggak ada kendaraan lain. Ketika ada belokan ga keliatan. Super gelap. Jalanan juga banyak polisi tidur. Gue bangunin ga bangun-bangun, buat bantuin gue cari jalanan yang terang gitu kek :(

Lima menit gue mengikuti apa mau google maps, lima menit itu pula gue cemas, panik, degdegan, mo nangis tapi ah masa cuma gini aja nangis, gue cuma dzikir aja, sambil terus cek spion, takutnya ada sesuatu di belakang gue, atau ada hantu gitu, atau ada yang mau berniat jahat sama gue, soalnya itu jalanan benar-benar sepi dan gelap, jujur gue takut. Tapi gue tetep melanjukan perjalanan.

Lima menit itu benar-benar terasa sangat lama. Gue berniat berhenti buat ngehubungin orang sebentar, buat ngasih tau kalau gue kesasar dan berharap orang itu mau jemput gue, tapi apalah daya gue ga berani buat berhenti di tengah jalanan super gelap kayak begini dan wait gue mau ngehubungin siapa juga gue ga ngerti wkwk. 

Mata gue berbinar ketika google maps memberi info kalau perjalanan sebentar lagi berakhir, tinggal dikit, tapi masih belok-belok dan ketika gue melihat plang jalanan, samar-samar terbaca 'Umbulmartani' Hati gue senangnya bukan main.

GUE GA SALAH LIAT KAN?? UMBULMARTANI ITU DAERAH  KOSAN GUE

lalu, gue melihat udah ada kehidupan didepan sana, satu-dua terlihat kendaraan berlalu lalang. 

ALHAMDULILLAH YA ALLAH :'((( gue nangis terharu di motor, akhirnya nyampe juga, karena gue sedikit mengenal daerah ini. Gue melanjutkan perjalanan ini sampai kosan tanpa liat maps, gue selamat :)

Alhamdulillah gue berhasil melewati masa-masa sulit ini, gue berhasil membuang rasa takut buat terus jalan kedepan, dan pada akhirnya Allah tau yang terbaik, Allah kasih jalan yang terbaik buat gue langsung sampai kosan. Huehehehe. Walaupun harus diputer-puter dulu, tapi gue jadi punya pengalaman ini. 

Btw sebenernya, jarak tempuh dari rumah Ijah sampe kosan gue itu 20 menit, tapi tadi. Gue menempuhnya kurang lebih 50 menit :') ntaps

oiya, kepanjangan BPPTKG itu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, tepatnya bencana gunung Merapi, yang lagi terbatuk-batuk akhir-akhir ini  :')

Yogyakarta, 28 Mei 2018


4 komentar:

  1. Wah rusuh gini sampai ketemu pohon beringin. Itu nyasar emang hobi atau passion? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Ga ngerti dah ketemu beringin 2 kali

      nyasar uda jadi kebiasaan gue kalo ga ngerti jalan bang :v

      Delete
  2. PAKE JAIM SEGALA SIH NGGA MAU DIANTER :))

    ReplyDelete

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·