October 23, 2018

Hari Tenang ya Hari Ini

Hari tenang yang gue rasakan hari ini benar-benar tenang, bukan tenang dalam artian mentang mentang gue libur, bermalas-malasan dan tidur seharian di kos. Tapi gue tenang karena gue dikelilingi orang-orang baik, yang mana dari merekalah gue terpancar aura kebaikan itu. Gue tenang, karena gue jadi dapet kesadaran dan sesuatu dari mereka. Ya, yang tenang itu batin gue.

Niat gue hari ini adalah mau nugas dan belajar, karena besok udah mulai UTS. Tapi semua itu menjadi wacana belaka ketika niat gue itu terkalahkan dengan kenyataan yang ada hahahaha.

Kenyataannya, gue sedari pagi tadi udah di masjid kampus buat nyimak hafalan anak-anak yang semangatnya MasyaAllah buat menghafal. Niatnya, sambil nunggu anak setoran, gue mau baca buku biar bisa ngerjain tugas. Tapi lagi-lagi itu hanya wacana. Yang ada, gue malah main hape. Okelah gue berniat buat membacanya nanti setelah setoran anak-anak selesai. Lagi-lagi, setelah gue sampai ke setoran terakhir. Gue malah ngobrol dong! gajadi baca buku.
Hmmm, ternyata benar kata orang. Kalo udah nunda satu pekerjaan, itu bakal ketunda terus kalo gak mulai-mulai, bakal males terus sampe nanti nanti. Dan sampe sekarang gue malah ngeblog wkwk. yaelah dap, kapan kelarnya kalok lu tunda terus! eh gimana mau kelar, kalo mulai aja belom!

Tapi gakpapa, gue udah menguatkan tekad kalau tugas dan belajar bisa kelar nanti malam, mau gakmau gue harus melakukannya. Bagaimanapun kondisi gue.

Kenyataannya, yang gue lakukan hari ini juga bagi gue ga sia-sia. Gue malah bahagia bisa bertemu banyak orang yang sengaja Allah hadirkan untuk selalu  mengingatkan. Salah satunya tadi ketika di akhir setoran. Kebetulan banget, temen gue. Sebut saja namanya Adilah, farmasi '17. Setoran ama gue, dia setoran terakhir. Kami kenal karena kami sama sama punya temen yang kenal dan temen yang ku kenal itu kenal dia, dan dia kenal juga dengan kenalanku yang saling kenal, makanya kami bisa kenal. Pusing ya? sama, gue juga.

Pokoknya ceritanya gini

Flashback minggu lalu
sebuah pesan whatsapp masuk, dari Adilah
"Daff. Pekan ini aku izin ga setoran dulu ya, dijamak mingdep aja. Aku belum belajar quiz"
"Oke dil siyap, setoran yang banyak mingdep wkwk"
"Wkwkw, aku gakmau inhal, kalo inhal nilaiku dipotong 50% dan bayar 50 rebu daff"
"Sedih kali laa kalo inhal"
":("


***
Hari ini
Gue udah duduk, Adilah datang dengan muka berseri. Basa basi udah kami lakukan, tradisi kalo kita ketemu itu sama sama ketawa, entah ketawa karena murni ketawa atau ketawa yang terpaksa. Cuma kita yang tau. Gue masih sibuk balesin pesan whatsapp dan line yang tiba-tiba rame. Tumben. Biasanya hape jomblo kan sepi hehe:)

Ketika Adilah udah siap setoran, gue meletakkan hape sejenak. Kami duduk berhadapan.
"Daff tau gak"
"Gatau dil"
"Aaaah wkwk"
"Kenapa kenapa?" gue mode serius
"Minggu kemarin aku inhal coba daff, padahal aku ngerasa aku bisa banget ngerjain. Tapi kok inhal ya"
"Matkul apaan emang dil?"
"Tanaman obat"
Gue melempar senyuman jahat :)
dia melanjutkan ceritanya
"Seangkatan 80% inhal semua coba daff, bayangin! nilaiku ga sampe KKM. Tapi disitu aku jadi sadar sesuatu sih daff"
"Apa dil?"
"Minggu lalu, inget ga sih kamu. Yang aku izin ga setoran cuma karena ada quiz dan aku harus belajar mati-matian. Padahal harusnya aku mentingin tanggung jawabku buat alqur'an dulu daripada yang lain"

dalam hati gue. nyesss. iya juga ya

"nah dari situ daff, aku malah jadi ga dapet dua-duanya. setoran muraja'ah enggak, quiz inhal. Duh:(
pas alqur'an aku kesampingin, aku malah jadi ga dapet semuanya"
"iya dil, nyesek ya :("
"iya daff, makanya aku gakmau lagi deh, ini cukup jadi pelajaran buat aku"

Gue bisa menyimpulkan satu hal
benar adanya kata ustadz Syihab "Ada orang yang enggan baca al-qur'an karena sibuk berbagai urusan, padahal al-qur'an lah yang memperbaiki semua urusan" kalo ga percaya, coba aja deh. Gue udah coba berkali kali sih, dan emang gitu. Ketika gue ga baca qur'an, gue ngerasa batin gue gersang dan ketika ngelakuin suatu hal rasanya kayak gak selesai-selesai. Dan sebaliknya, ketika gue memulai sesuatu dan itu diawali dengan baca qur'an, pekerjaan dan segala tugas gue bisa kelar dengan lancar, hari hari gue lalui dengan mudah dan adem ayem tenang aja rasanya.
Gue menulis ini berdasarkan pengalaman hidup yha bosqu!

***
akhirnya adilah setoran wkwk
Setelah setoran, niatku mau langsung balik kosan. Malah keterusan ngobrol  ngalor ngidul ama Adilah sampe siang, sampe pada akhirnya gue mendapat berita bahagia hari ini. Salah satu sohib kami di Hawasi yang kabarnya menghilang sejak akhir bulan Juli lalu, sampai sampai pihak kepolisian membuat berita orang hilang. Alhamdulillah dia telah kembali dengan keadaan baik, sehat dan tambah gemuk. Gue dan beberapa rekan Hawasi nyamper dia ke kosan temannya siang tadi.



Allah tu baik banget ya, Ia selalu punya cara buat Hambanya untuk bahagia dengan hal-hal yang sederhana. Selamat berlomba lomba menjadi orang baik, orang baik selalu bikin tenang :)

Selamat UTS! Semangat nugas! Jangan lupa berdoa & belajar! 


monmaap kalo absurd tulisannya hehe
--nulis ngebut, karena mau diskusi buku
Yogyakarta, 23 Oktober 2018


4 komentar:

  1. Subhaanallah mba Daffa. memang,
    jika mengutamakan Al-Qur'an akan dimuliakan sama Allah.

    ReplyDelete
  2. Wah semangat terus, semoga istiqomah bacanyaa. Doa untuk mbak, dan untukku sendiri.
    Salam kenal:)

    ReplyDelete

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·