October 27, 2018

Kenapa Menjadi Relawan? (2)

Ini cerita kedua, masih berkaitan dengan merapi.
Entah kenapa, gue demen bahas merapi. Mungkin karena gue lebih sering main ke atas (lereng merapi) daripada main ke bawah (jogja kota), bisajadi juga karena gue udah pernah ndaki merapi, atau bisajadi karena beberapa dosen gue sering bahas merapi. Ah entahlah.

Oiya, buat kalian yang belum baca cerita pendakian merapi gue, bisa klik disini

Oke, cerita ini tentang gimana gue jadi relawan di salah satu badan dibawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Yaitu, Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau biasa disingkat BPPTKG. Badan ini yang mengelola semua tentang Merapi. Khusus satu gunung itu aja. Nah kan, betapa istimewanya merapi. Sampe ada pusat yang mengelola segalanya tentang merapi. Gue ceritain ya, di dalem BPPTKG itu banyak sejarah tentang meletusnya merapi dari jaman 90an sampe sekarang. Rekaman seismik letusan dahsyat merapi tahun 2010 juga diabadikan disana. Banyak lah, kalian kalau mau kesana. Boleh banget. Asal ijin ama satpam ye haha.

Kalian tentu ingat bulan mei-juni lalu, merapi sering mengeluarkan letusan freatiknya. Lumayan gede, tapi erupsi itu masih terbilang aman. Karena belum sampe ngeluarin magmanya. Dan Kalian juga harus tau, merapi itu gak pernah ingkar janji. Mau dia udah meletus berapa kalipun, dia bakal meletus lagi dan lagi. Dia adalah gunung yang mempunyai siklus meletus. yaaa, istimewa memang.
***

Nah, ketika merapi sering-seringnya batuk ngeluarin letusannya, gue tetiba mendapat satu pesan whatsapp dari Miss Yasmin. Intinya tawaran buat jadi relawan di media center bpptkg buat ngurus media sosialnya, tujuannya yaa memberitakan info yang valid terkait perkembangan merapi. entah itu lewat WA, lewat instagram, lewat twitter. Karena, saat itu. Banyak banget hoax yang beredar. dan banyak juga masyarakat awam yang langsung percaya. Maka, dibentuknya tim media center ini adalah salah satunya untuk memberantas info-info hoax itu. Satu-satunya info yang valid ya berasal dari BPPTKG ini.

Langsung dong gue iyain tawaran itu, gue langsung hubungin pihak bpptkgnya, tapi pas itu karena gue lagi sibuk-sibuknya ngurusin event, gue belum sempet ke kantor bpptkg buat sekedar nengok atau ngapain lah.

Maka, gue nunggu waktu yang pas buat main ke kantor. Pas kesana, gue disambut dengan hangat ama temen-temen yang lagi sibuk kerja ini itu ngolah data. Gue kenalan dan memperkenalkan diri, santai sih. Langsung ngorbol-ngobrol juga gue. Di tim ini, dibagi beberapa divisi. ada yang ngurus analisis, ada yang ngurus media kreatif, ada yang ngurus dokumentasi, ada yang ngurus data-data dan lain-lain.
Disana juga dibagi jam ronda, kebetulan 2 temen deket gue ikutan jadi relawan disini. Dan beberapa temen ndaki gue juga ikutan. Ada juga yang dari relawan sekolah gunung merapi turun kesini buat jadi relawan. Ada juga kating gue ikutan. Banyak dah pokoknya. Jadi, sans aja.

***
Gue mo cerita
Ada kejadian asyik ketika gue ronda malem disana, ya. Gue nginep di kantor bareng beberapa rekan gue. Padahal keesokan harinya gue harus kuliah jam 7 dan kuliah 3 matkul yang permatkulnya 3 sks. Bodo amatlahyaaaa.. penting gue seneng disini.
gue bersama 5 rekan gue jaga malem, salah satu dari mereka adalah dosen. Selama berjaga, gue ama satu temen deket gue jalan jalan keliling ruangan bpptkg bareng pak dosen itu, gue disana diceritain banyak tentang sejarah merapi kenapa bisa begini, kenapa dia bersiklus, kalo dia meletus gimana, jenis jenis letusannya apa aja dan banyak cerita-cerita menarik tentang merapi yang gue baru tau.
Nah, pas lagi asyik-asyiknya ngobrol, gue sengaja ke ruang monitoring. Buat liat garis seismograf, panik dong gue. Tiba-tiba di salah satu stasiun garis itu gerak cepet banget, suaranya ampe sekarang masih gue inget. Gue panik, karena kalo garis itu gerak cepet, itu pasti ada letusan. Langsung dong gue bilang ke temen-temen yang lain. Yang lain ikutan panik, pak dosen itu juga panik wkwk.

Tapi yang bikin heran, kenapa di HT gada suara dari warga-warga yang tinggal di deket merapi, karena biasanya kalo ada letusan, itu pasti HT saling bersahut sahutan buat memastikan keadaan. Tapi, ada banyak orang yang ngabarin lewat whatsapp kalo diatas muncul kepulan asap. Nah bingung kan kitamah.

Kita langsung aja telfon orang yang paham baca garis,  alhamdulillah setelah dijelasin kita gajadi panik. Ternyata itu cuma kalibrasi doang, ibaratnya ada batu yang jatuh trus kerekam di seismograf itu. Bukan letusan haha. Koplak. Kita ngakak doong, kejadian panik emang gabisa dilupain sih. Yaaa bayangin aja, itu tengah malem. Dan kita masih baru disitu, belum paham betul baca garis. Takutnya kalau kita menyimpulkan sendiri. Dan itu salah, sama aja dong kita malah nyebar hoax wkwk.

Paginya, gue tepar lemes banget karena semaleman ga tidur. Tapi, gue tetep masuk kuliah 3 matkul itu. Jangan tanya di kelas gue ngapain. GUE TIDORRRR DI BANGKU BELAKANG HAHAHA

***
Sebetulnya, ada banyak banget cerita-cerita seru disana, gue pernah abis jaga malem, paginya gue pamit pulang, sampe kosan eh merapi meletus dengan letusan yang lebih gede dari biasanya dan orang di kantor cuma dikit wkwk, tapi kan di bpptkg banyak banget orang yang kerja disana, jadi bisa teratasi lah. Masa-masa gue jadi relawan ini juga ngepasin pas ramadhan kemarin, rasanya kek berkah banget sahur & buka puasa bareng-bareng. Ga jomblo haha
Relasi pertemanan gue juga tambah banyak. Alhamdulillah, Allah kasih gue pengalaman sehebat ini buat gabung bareng orang-orang keren.

Daritadi gue cerita ga jelas gitu ya, kek gada intinya wkwk. 
Oke, gue akan kasih inti disini.
Inti dari tulisan ini adalah jadi relawan itu memberi. Memberikan seluruh tenaganya buat memenuhi kebutuhan orang lain. Kebutuhan orang lain di sini adalah dapet kebenaran informasi, nah tugas kita disini,  adalah kasih informasi yang bener dan valid tentang merapi. Karena masyarakat luas tentu membutuhkan itu, apalagi ditengah kehidupan yang serba teknologi. Orang bisa gampang percaya dengan informasi yang didapatkannya, tanpa tau itu hoax atau beneran. Nah, melalui tempat ini, bpptkg, semaksimal kami adalah memberikan informasi yang valid sevalid-validnya. Ga asal comot data orang.
Intinya, gue bahagia!

9 dari 33 orang relawan 

Sekian cerita part ini, 
gada part selanjutnya heuheu


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·