May 8, 2018

Ketilang Di Yogyakarta

"Jangan lupa berdoa dan hati hati di jalan"
Kata-kata itu selalu kuingat ketika melakukan perjalanan kemanapun, berdoa dan hati-hati. Agar selalu diberi keselamatan hingga tujuan. Namun, terkadang kita sudah hati-hati, orang lain yang tidak hati-hati. Atau terkadang, saking banyaknya yang dipikirakan ketika berkendara, tidak fokus dan akhirnya kita yang tidak hati-hati. 

Bagiku, berdoa dan hati-hati di jalan itu tidak cukup.

Di Yogyakarta aku punya cerita, kota yang penuh dengan hiruk pikuk orang rantau, jalanan kota yang mulai padat dan sering terjadi kemacetan, tak jarang pula kejahatan terjadi di jalanan, asal bacok orang yang sedang berkendara misalnya. Mengerikan memang, tapi itulah yang terjadi.

Aku tipe orang yang malas untuk turun ke kota, ke kota kalau ada hal yang benar-benar penting, yaaa wajar saja. Kampusku terletak di dekat kaki gunung Merapi hehe. Untuk menjemput atau mengantar teman di stasiun saja sebenarnya aku malas, malas untuk panas-panasan, banyak polusi, macet, bertemu orang-orang yang tidak ramah di jalanan, ah malas sekali :(
Tapi mau tidak mau, aku harus melakukannya.

Aku ulangi, bagiku berdoa dan hati-hati di jalan itu tidak cukup.
Aku membiasakan untuk baca sholawat atau istighfar ketika naik motor, entah bonceng atau boncengin orang. Daripada diem-diem bae :p

selama hidup di jogja, ketika berkendara, aku pernah hampir ditabrak oleh pengendara lain, tidak hanya sekali. Tapi sudah berkali kali dan bisa sangat fatal jika kecelakaan itu terjadi. Allahu yahfadz, Betapa baiknya Allah masih melindungiku dari bahaya kecelakaan itu :')
dan aku sadar, ternyata sholawat dan istighfarku gak sia-sia. dzikir bisa melindungiku.

Karena ini cerita, pake 'gw' aja lah yak

Di lain waktu, belum lama ini, hari minggu gw nganter temen ke stasiun tugu yogyakarta. disitu kondisinya gw ga bawa duit banyak, ga sampe seratus ribu lah pokoknya. Selama nganter, mungkin temen gw males ngomong dan yaudah gw banyakin dzikir sholawat ama istghfar aja yekan di jalanan. Nah setelah nganter dan nemenin dia sampe kereta dia dateng. Gw pamit. Balik lewat malioboro, gw ga sadar kalo disitu ada lampu merah dan mobil motor depan gw kaga berhenti mungkin mereka liat masih hijau. Dan pas gw lewat udah merah. Tapi gw bener-bener gatau kalo ada lampu merah disitu wkwk.

Tiba-tiba gw melotot ke depan, udah ada pak polisi yang nge stop gw. WADUH DITILANG NIH GW, MAMPUS GA BAWA DUIT! *tapi gw santai aja sambil markir motor di pos polisi deket situ, iya gw santai aja, gw punya Allah kok Azeeeqq

Ehem. Pertama kalinya ditilang nih. Bigung kan, pengen langsung telfon abah aja rasanya, pengen nanya gimana sih kalo ditilang begini gw suruh ngapain aja dan macem-macem. Tapi gw urungkan niat untuk telfon abah, karena gw udah ngadep pak polisi depan gw ini.
"mbaknya kena tilang ya, ga liat ada lampu merah tah mbak?"
"ehehe ga liat pak, beneran dah, gatau kalo ada lampu merah bahkan" kata gw sambil nyengir garing
"coba liat surat-suratnya" kata pak polisi depan gw ini
gw langsung merogoh tas cari dompet, trus ngasih SIM dan STNK ke pak polisi

pak polisi nge cek stnk, gw nge batin untung januari kemarin udah di pajeg tu motor
 "mbaknya tunggu dulu ya"

oke siap, gw duduk depan pos dan polisi itu masuk ke dalem, gw diem aja sambil istghfar dosa apa ini gw sampe ketilang 
tak lama kemudian, pak polisi yang lain menyuruh gw untuk masuk ke pos. gw duduk manis, ngelepas helm, menurunkan masker dan ngadep beberapa polisi. disatu meja ini, gw sebelahan sama mas-mas yang kena tilang juga, di kursi belakang, ada dua mbak-mbak kena tilang juga. Alhamdulillah banyak teman 

Lalu, pak polisi ini ngajak gw ngobrol sambil nulis surat tilang, nulis kesalahan apa yang baru gw buat. Jadi kepikiran, ternyata horor juga ya, malaikat tiap hari nyatet kesalahan kita, nyatet dosa-dosa kita, mungkin sudah berlembar-lembar, tapi parahnya kita udah sadar banyak dosa tapi masih saja seringkali mengulangi dosa dan kesalahan yang sama atau bahkan lebih parah. banyak-banyak istighfar aja dah.
oke, gw ngadep pak polisi berkumis ini dan
"mbak kuliah dimana?" tanya pak polisi sambil nyatet
"di UII pak"
"UII bawah atau atas?"
"jakal pak, uii atas"
"semester berapa mbak?"
"baru semester dua hehe"
"udah pernah ketilang?"
"belom pak, baru pertama ini" yaelah pak, gw anak baek-baek wkwk
"tadi abis darimana?"
"dari satsiun tugu pak"
"ooh nganter atau mau jemput?"
"abis nganter temen tadi pak"
"ooooohh gituu"

LALU, HENING
bapaknya ngomong ama polisi lain, entah ngomongin apa
lalu ngeliat stnk dan sim gw

"mbaknya nanti mau bayar langsung atau sidang atau bagaimana?"
"aduh gimana ya pak, kalo bayarnya nanti lewat bank gimana, soalnya saya ga bawa duit sampe seratus ribu pak"
"oke kalo gitu, nanti bayar di bank bri yang di kota, stnk dan sim kami simpan dulu disini"
"trus bisa diambil kapan pak?" gw uda khawatir, Ini gimana caranya gw pergi2 kalo gada sim ama stnk
"hari selasa ya, selasa pagi"
"oke pak, jam berapa?"
"sesuai jam kerja dong" bapaknya nyengir

gw curiga

keadaan hening, pak polisi tadi berdiri dan ambil minum lalu kembali ke kursi depan gw
"bentar ya mbak nunggu mas-mas nya ini selesai ngurus" mas-mas samping gw ini ternyata memilih sidang, dua mbak-mbak yaang dibelakang tadi udah pergi. Sebentar lagi, cuma tersisa gw dan jejeran polisi di dalem ruangan ini. horor asli, tapi gw santai aja.

ketika mas-mas ini pamit pergi, tinggal gw bersama polisi-polisi di dalem.
ehem.
gw memperhatikan pak polisi depan gw ini melipat stnk yang didalemnya ada sim gw, gw pikir mau nyimpen tuh, trus gw diusir suruh balik dan cepet cepet bayar TAPI TERNYATA

BAPAKNYA NGASIH SIM DAN STNK ITU KE GW
"ini ya sim dan stnknya bawa pulang saja ya mbak, jangan diulangi dan hati-hati di jalan"
"lah pak, saya ga bayar nih?"
bapaknya nyengir doang wkwk.
"tadi kan saya sudah bilang, tunggu mas-mas tadi selesai dan pergi" kata pak polisi
"aaaakkk pak, makasiih banyak pak makasih makasih" kata gw sambil jingkrak-jingkrak depan malioboro *ya gak lah*

gw senyum sumringah keluar dari pos polisi. ALHAMDULILLAH YA RABB GW SELAMAT

dijalan gw berfikir
ternyata, gw istighfar dan sholawat menghadirkan kejadian yang tak terduga-duga, menghadirkan kemudahan demi kemudahan, gw semakin yakin sholawat dan istighfar punya kekuatan yang luar biasa, ada keajaiban disana, ada campur tangan Allah, ada sesuatu yang menggerakkan, membolak-balikkan hati manusia.

maka, ayo jangan biarkan lisan ini terbuang sia-sia mengucapkan kata-kata kasar yang bisa jadi menyakiti hati orang lain, mending buat istighfar, buat sholawat. Lagi nyetir atau ngendarai motor, dari pada diem-diem bae ye kan. mending buat dzikir, insyaAllah deh, bahagia dan selamat dunia akhirat. 
Nah kan, berdoa dan hati-hati saja tidak cukup, kudu dzikir!





0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·