August 13, 2019

Tentang Mendaki Gunung

Lama gak nulis, sempet mogok buat nulis di media sosial manapun, sempet menutup diri dari dunia maya, jadi jangan heran kalo tulisannya makin berantakan. Hehe paansi malah curhat :v

Tapi gapapa, namanya juga belajar memaknai kehidupan.

Okelah, disini gue mau sedikit mengungkapkan apa yang selama ini gue pendam. Sesuatu yang sudah lama ingin gue tulis, menjawab pertanyaan dari banyak teman (yang belum pernah ndaki gunung) yang bagi gue itu sulit untuk dijelaskan.Tentang 'kenapasih mendaki gunung?' 'kok bisa sih suka ndaki?' atau 'buat apasih ndaki gunung?' 'ga takut banyak hantu di gunung?'

Bingung gue kalo ditanya begitu. Sumpah. 
Paling cuma gue jawab dengan alasan klasik, yang setiap orang gue jawab dengan jawaban yang berbeda. Paling gini,

'Yaa, karena enak aja seger diatas ga sumpek banyak drama kek disini'

'Gimana yaaa, aku pengen dapet jodoh yang suka ndaki gunung juga' (ini serius!) wkwk

'Ngilangin penat, ngilangin stress, biar ga gabut aja di kosan'

'aku suka karena aku menikmati, trus kecanduan'

dan masih banyak jawaban lainnya.

Kenapa gue jawab begitu, karena kalo gue jelasin panjang kali lebar kali tinggi ke mereka yang belum pernah ndaki gunung mereka ga akan benar-benar paham dengan apa yang gue rasakan selama mendaki. Mau gue ceritain sedetail apapun juga paling jawabannya cuma 'oh' atau 'hmm gitu' atau malah kadang ngasih saran buat gausah ndaki lagi. Oke fine gue males. Sama aja kaya, lo suka ama orang, cinta mati banget padahal orang yang lo suka itu udah nyakitin lo berkali-kali, tapi lo tetep mau ama dia, tetep sayang ama dia. Ketika temen lo nyuruh buat 'udahlah ngapain sih masih suka ama tu orang, kasian lo' oke mungkin maksud mereka baik, tapi mereka gak akan benar-benar paham dengan apa yang lo rasakan kan. Mau lo kasih alasan segunungpun mereka gak akan benar-benar ngerti.

Gunung tidak pernah mengecewakan. Yang mengecewakan itu kalo berharap ama dia #loh
Karena yang gue tau, alam benar-benar tidak pernah sedikitpun membuat kecewa penikmatnya. 

Ya seperti itulah kiranya ketika gue ditanya perihal mendaki. Ga akan pernah bisa paham kalo gak ngerasain sendiri, dan rasa itu benar-benar sulit untuk dijelaskan.Kalo gue ditanya begitu ama yang udah naik gunung malah gue bisa berekspresi lebih untuk bercerita, karena gue yakin dia juga sudah merasakan sensasi di gunung itu seperti apa. Otomatis nyambung lah kalo cerita. 

Setiap gunung yang gue daki selalu memberikan pelajaran buat ga meremehkan hal sekecil apapun itu. Contohnya kaya di gunung lawu dua minggu yang lalu, gue sengaja gak bawa logistik pribadi kaya jajan, cemilan, roti, atau apa. Karena gue pikir, 'ah paling gak kemakan kaya pas di gunung kembang atau merbabu, dah berat bawa tapi ga kemakan' 'ah kan dah ada rombongan yang bawa logistik makanan banyak, jadi aman lah kalo gue ga bawa mah' 
tapi alam memang gabisa disepelekan. rombongan gue dan rombongan satunya (yang bawa logistik banyak) harus berpisah, karena salah satu dari rombongan gue ada yang udah ga kuat ngelanjutin ke area camp (daerah gupak menjangan). Maka, rombongan gue memutuskan untuk mendirikan tenda di pos 3 dengan persediaan logistik yang sangat minim. Cuma mie goreng dan beras :)
Bayangin lah bertujuh makan mie goreng ama nasi gak mateng tu sekenyang apa. Ga kenyang samsek, dan dari kitapun gada yang bawa snack atau cemilan apa gitu. Astaghfirullah :')

Trus pas menuju puncak lawu keesokan paginya, jaket gunung gue tinggal di tenda temen temen rombongan yang camp di daerah gupak menjangan. Karena gue pikir lawu ni lagi gak dingin, maksudnya hawanya biasa aja. Tapi ternyata gue salah ketika gue sampe di puncak hargo dumilah. Angin kenceng banget cuy, dingin banget asli dah. Gue nyesel ga bawa jaket. Tapi alhamdulillah temen gue baik hati meminjamkan jaketnya buat gue pake :)

Pas gue di rumah curhat ama abang gue, respon dia "makanya jangan ngeremehin gunung!"
gue nyolot jawab "ya tapi kan emang hawanya panas pas itu" dia lagi-lagi bilang "ya itu sama aja namanya ngeremehin" 
Oke baiklah, gue jadi dapet pelajaran dari sana, gunung itu gabisa diremehin sekecil apapun. Gue yang sebelum-sebelumnya emang selalu lengkap sih bawanya, apapun gue bawa yang sekiranya dibutuhin. Baru kali ini aja ngeremehin dan langsung kena apesnya :)

Kalo urusan kenangan jangan ditanya lah ya, kenangan di gunung bareng temen-temen itu sesuatu banget. Disana gue bisa tau mana yang beneran temen mana yang engga. Mana yang cuma caper di gunung mana yang beneran sayang #eh 

Intinya, dah jangan kebanyakan nanya kenapa suka naik gunung, tapi rasakan sendiri sensasinya dan jangan salahkan siapapun kalau kamu malah kecanduan buat naik ke gunung-gunung lainnya. Kenapa? Soalnya gue korban haha, gue korban dari temen gue yang ngajak pertama kalinya buat ke gunung. Setelah itu gue candu, kecanduan parah, ga kapok padahal kalo dibilang capek ya emang capek, banget malah. Tapi nikmat capeknya. Ga percaya? Coba aja.

loc : basecamp gunung kembang via blembem
Maap kalo absurd tulisannya, maklum baru belajar nulis hehe :)



2 komentar:

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·