May 22, 2019

Saring Sebelum Sharing

Tadi siang gue kuliah sengaja ga bawa hape karena gue charge, pulang kuliah bakda ashar langsung cek hape. Gue heran kenapa gada notif whatsapp sama sekali, gue berkali-kali restart hape, perasaan wifinya lancar-lancar aja buat bales chat di line, pake data seluler juga bisa buat buka instagram. Tapi kenapa whatsapp gue gabisaaaaa
Gue pikir, hape gue sudah meronta-ronta ingin diganti yang baru 
Gue pikir, kuota gue abis dan wifi kosan gue error sampe gabisa buat nerima pesan
Gue pikir, ini buat buka instagram lumayan lancar juga, tapi kenapa whatsapp tetep gabisaaa aakkk kzl gue

Tapi ternyata

Sosmed down, katanya sengaja dibatasi oleh pemerintah biar orang-orang ga nyebar berita hoax dari mulai broadcast, foto, sampai video. Pastinya karena konflik yang terjadi di jakarta kemaren itu. Dan whatsapp mungkin dianggap media paling simpel dan mudah buat forward berita atau apapun itu. Makanya sengaja dibatasi oleh pemerintah dan dibuat down.
Untung ada vpn, whatsapp-an lancar, jaya, sentosa :p

Berbicara tentang sosmed yang katanya sudah menjadi bagian dari setengah jiwa manusia, yang kalo ga buka sosmed sejam aja berasa ga hidup, yang kalo ga komen di postingan orang berasa ada yang kurang, yang kalo jauh dari sosmed udah kaya kehilangan separuh jiwa. Berbicara tentang sosmed ga jauh jauh dari istilah chat, posting, forward, komen, upload, story, dan lain sebagainya. Begitu menyenangkan, apalagi chat ama doi yekan.

Tapi, kalian sadar ga sih kalo sekarang sosial media lebih sering menjadi ajang mengadu domba, menjadi ladang sindir menyindir bahkan saling menjatuhkan, banyak orang yang menyuarakan opini dengan kalimat-kalimat yang gak baek, berkata kasar sampai menyakiti orang lain. Sadar gak sih, kalo hal-hal seperti itu yang seharusnya kita hindari malah kita senang mengikuti bahkan melakukannya?

Yaaa moga aja kita terhindar dari perbuatan seperti itu
dan terhindar dari orang-orang yang melakukan hal itu

Kalo boleh jujur, gue jengkel banget sama orang yang dikit-dikit menyuarakan opininya dengan cara yang salah, gak pake filter kata-kata. Lepasss semua dah itu hewan hewan kebon binatang. Bahasa yang dipake itu ga semestinya dipake. Apalagi sampe di share di media yang siapapun bisa baca. Sekalinya ga sesuai ama keyakinan, ga suka, ga berkenan, kudu ngebacot, kudu memperjuangkan pendapat. Ya itu boleh boleh aja, yang gaboleh itu kalo nyebarinnya pake emosi, pake ngagass, pake kata-kata kotor. Itu sama aja udah nyebarin energi negatif ke orang banyak. Aduh itu gak banget apalagi kalo dilakukan oleh orang berpendidikan yang seharusnya ngerti 'norma' dan 'sopan santun'. 

Beropini, oke boleh. Sangat boleh bahkan.
Tapi beropini juga ada etikanya. 
Ga habis pikir dah gue ama orang-orang yang gak paham gimana cara main sosmed yang baik. 

Laaah emang gimana cara yang baik? Emang lo udah baik? Sok sokan aja lo ngatur hidup gue, itu kan sosmed sosmed gue, ngapa lo yang ribet sih

Ya gue emang bukan orang yang baik juga, tapi setidaknya gue berusaha buat jadi orang baik yang gak nyebarin negative vibes ke orang lain khususnya di sosmed. Kalian pasti taulah gimana dampak dari negative vibes yang ditimbulin, orang jadi terpengaruh negatifnya, orang jadi ikut-ikutan jeleknya, orang jadi ikutan emosi karena terpengaruh opini yang diberikan. Intinya, orang jadi punya energi negatif cuma karena baca postingan yang gak harusnya di share itu. Ngerti kan, kalo pengaruhnya gampang banget nular, bisa ganggu psikis orang lain juga bahkan.

Gue juga lagi berusaha kok, buat posting hal-hal yang baik aja. Yang bikin hidup tetep enjoy dan gak bikin masalah di sosmed. Karena gue juga mulai paham, sosmed ini sekarang emang kurang sehat kalo dikonsumsi keseringan. 

Gue pernah merasakan ketika baca postingan yang 'gak banget' buat diposting, isinya menjelek-jelekkan pihak lain, bahkan mungkin karena saking ga terimanya, postingan itu banyak kata-kata kotor sekaligus kasarnya dan terkesan menjatuhkan. Gue sampe emosi sendiri bacanya, sampe kepikiran ama isi postingannya, trus gue mikir 'ini parah sih, gue sampe kebawa pikiran, kalo ga setuju yaudah dibawa enjoy aja gitu loh hidupnya, gausah dibikin ribet kek begitu, gausah pake keluar kata-kata kotornya, ga banget' lalu demi menjaga kesehatan mental gue, pada akhirnya gue nge-mute akun tersebut, soalnya kalo ngeblokir gue ga tega juga hehe. 

Oiya gue tadi pagi baca salah satu story instagram temen gue, dia cuma nulis 'SARING SEBELUM SHARING' 
cukup menggelitik dan menjadi pengingat yang mudah diingat
salah satu alasan gue nulis ini ya karena kata-kata itu, Saring sebelum Sharing. Betapa banyak penduduk bumi indonesia sekarang yang ga merhatiin 'saring' sebelum 'sharing'. Pokoknya mah asal post aja, asal share aja, asal forward aja. Ga peduli orang mau gimana nanggepinnya, yang penting gue puas.

Alangkah baiknya kita jadi pengguna sosmed yang bijak, menyaring berita, menyaring kata-kata, sebelum dishare ke orang banyak di media sosial. Gausah jadi orang yang sok paling tau dan merasa paling benar, orang lain ga butuh itu. Cukup share atau post yang baek-baek aja. Inget, bagaimana kamu bersosmed, itulah yang orang pikirkan tentang kamu :)

Oiya, titip doa buat Indonesia.
Ya, indonesia sedang sakit, sedang tidak baik-baik saja. Kita doakan, doakan selalu. Semoga lekas sembuh indonesiaku!
bonus poto masque (lawu, 2015)
soalnya aq blm perna poto pake bendera merah putih ehe :)


1 komentar:

 
Copyright © . Daffa's Journal - Posts · Comments
Daffa Najati -Mahasiswi Ilmu Komunikasi ·